
GTK adalah Guru dan Tenaga Kependidikan. Informasi terkait GTK bisa dilihat pada Info GTK, yaitu situs resmi untuk memverifikasi data pribadi dan status kepegawaian guru. GTK juga sebagai bagian dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) di tingkat dinas pendidikan. GTK terdapat pada Permendikdasmen Nomor 11 Tahun 2025 tentang pemenuhan beban kerja guru, yang menjadi dasar validasi data di Info GTK.
(https://bgtkaceh.kemendikdasmen.go.id/wp-content/uploads/2025/07/Permendikdasmen_No_11_Tahun_2025_tentang_Pemenuhan_Beban_Kerja_Guru.pdf) dan terdapat pada Permendikdasmen Nomor 5 Tahun 2025 tentang organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang GTK. (file:///C:/Users/Al%20Muslim/Downloads/Permendikdasmen-no-5-tahun-2025.pdf).
Tema “GTK Hebat, Indonesia Kuat” sangat tercermin dalam tindakan para pendidik di SMA Al Muslim Bekasi. Guru-guru di sekolah ini tidak hanya memberikan materi pelajaran, tetapi juga menjadi sumber inspirasi dan motivasi, serta contoh yang baik dalam menghadapi perkembangan zaman. Dengan komitmen terhadap pembelajaran digital, mereka membuktikan bahwa guru yang hebat adalah fondasi kemajuan suatu bangsa.
Setiap perjalanan menuju kesuksesan dimulai dengan langkah-langkah kecil yang bermakna. Bagi banyak siswa dan alumni SMA Al Muslim Bekasi, langkah itu dimulai di ruang kelas yang dipenuhi semangat untuk belajar, kreativitas, dan inovasi digital. Sekolah yang kini dikenal dengan nama sekolah digital telah membuktikan bahwa selama pelaksanaan pembelajaran, semua siswa dan semua guru menggunakan tablet Samsung dan dibuktikan dengan keberhasilan siswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademis, tetapi juga oleh bimbingan dari para guru yang luar biasa, yang berfungsi sebagai sumber inspirasi dan panduan di zaman digital saat ini.
Perubahan SMA Al Muslim Bekasi menjadi sekolah digital tidak terjadi secara mendadak. Perubahan tersebut sejak 18 Januari 2020 yang diresmikan oleh Yayasan Al Muslim. Proses ini membutuhkan komitmen yang solid, Kerjasama yang baik yaitu dengan Samsung (device siswa, guru, dan TV ruang kelas), serta visi yang jelas dari seluruh GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Para pengajar di SMA Al Muslim dengan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Di tiap ruang kelas, teknologi tidak lagi menjadi hal yang asing, melainkan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Semua kelas terdapat TV Samsung dan layar LCD. Dalam proses belajar menggunakan ebook (untuk kelas X) dan modul (untuk kelas XI dan XII), juga menggunakan platform Digislamic untuk mengecek kehadiran siswa, proses pembelajaran, upload RPPM (kelas X) dan RPP (kelas XI dan XII), upload konten pembelajaran, pelaksanaan semua ujian, dan sebagainya. Disamping itu dalam proses belajar juga menggunakan berbagai media interaktif. Selama proses pembelajaran, semua siswa menggunakan tablet Samsung dari Yayasan Al Muslim. Demikian juga semua guru menggunakan tablet Samsung dalam mengajar. Tablet siswa maupun guru disambungkan ke TV Samsung menggunakan fitur smart view untuk melihat ke layar yang lebih lebar dan proses interaksi antara guru dan siswa. Dalam pembelajaran, para guru berfungsi sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk belajar secara mandiri, kreatif, dan berpikir kritis. Berikut foto aktivitas siswa berdiskusi di kelas:

Dengan dukungan teknologi, para guru di SMA Al Muslim dapat menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing siswa. Ini merupakan contoh nyata dari GTK Hebat yaitu pendidik yang tidak hanya ahli dalam teknologi, tetapi juga memahami keinginan dan karakter siswa mereka.
SMA Al Muslim menyadari bahwa siswa masa kini merupakan generasi yang tumbuh dengan teknologi yaitu generasi yang tidak bisa dipisahkan dari digital. Oleh sebab itu, pembelajaran perlu relevan, menarik, dan memberikan tantangan. Para guru di sekolah digital ini memanfaatkan berbagai aplikasi seperti Google Workspace for Education, Canva for Education, game edukasi, serta platform coding dan desain kreatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis.
Salah satu inovasi yang menonjol adalah pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang mengintegrasikan elemen sains, teknologi, dan kreativitas. Siswa diajak untuk menciptakan produk digital seperti video edukatif dan konten kampanye sosial yang mempunyai dampak nyata. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, guru mengajarkan pentingnya kerjasama, kepemimpinan, serta rasa tanggung jawab sosial. GTK hebat di SMA Al Muslim tidak hanya membantu siswa menguasai teknologi, tetapi juga memberikan petunjuk agar mereka bijak dalam penggunaannya. Para guru menjadi contoh yang baik dalam literasi digital serta etika bermedia, membentuk generasi yang tidak hanya cakap secara digital tetapi juga memiliki karakter yang positif.
Keunggulan para guru di SMA Al Muslim juga tercermin dari setiap guru saling bertukar praktik melalui pelatihan internal, seminar daring, dan komunitas belajar digital. Semangat “Guru Belajar, Guru Berbagi” terus berkembang, menjadikan sekolah ini sebagai tempat yang subur untuk kemajuan bagi pendidik dan siswa secara bersamaan.
Para pendidik di SMA Al Muslim terus memperbaiki keterampilan mereka melalui program pelatihan dan webinar dalam bidang digital. Mereka secara aktif berpartisipasi dalam berbagai pelatihan baik di lokasi Al Muslim maupun di level nasional untuk meningkatkan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa GTK Hebat selalu berupaya untuk belajar, karena guru yang terus belajar akan tetap relevan dengan tantangan zaman.
Keberhasilan yang dimulai dari SMA Al Muslim tidak hanya terlihat dari prestasi akademik siswa, tetapi juga dari pembentukan karakter mereka. Melalui pembelajaran digital yang mengedepankan nilai-nilai Islam dan nasionalisme, siswa diajarkan untuk menjadi individu yang berkualitas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan global.
Dengan Pembelajaran Mendalam yaitu pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Mereka diajarkan untuk berpikir kritis, berinovasi, dan peka terhadap lingkungan di sekitar.
SMA Al Muslim Bekasi menjadi contoh konkret bahwa keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kontribusi besar dari guru dan tenaga pendidik. Dengan semangat digitalisasi dan inovasi dalam proses belajar mengajar, para pendidik menunjukkan diri mereka sebagai penggerak utama kemajuan pendidikan di Indonesia.
Pendidik yang hebat tidak hanya menghasilkan siswa yang cerdas, tetapi juga membentuk generasi yang berkarakter, mandiri, dan mampu bersaing di pentas global. Dari ruang kelas digital SMA Al Muslim, muncul generasi penerus yang siap mengangkat Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan berdaya saing.
Karena sesungguhnya, ketika GTK hebat beroperasi di setiap sekolah, maka Indonesia akan semakin kuat. Dan di SMA Al Muslim, perjalanan menuju keberhasilan itu telah dimulai dari sekolah digital yang terus menumbuhkan harapan dan masa depan bangsa.
