Ada beberapa orang yang pernah berkata “Untuk apa sekolah dan berpendidikan tinggi kalau akhirnya jadi karyawan.” Pendidikan dan sekolah bukanlah tentang sebuah kerjaan. Pendidikan adalah sebuah input pengetahuan atau ilmu yang dari awal kita tidak tau, menjadi tau. Karena Setiap Individu memiliki hak untuk mendapatkan Pendidikan bermutu, untuk mewujudkannya memerlukan kolaborasi partisipasi semesta, saling bekerjasama antara Individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Al-Qur’an dan akhlak bisa memberikan inspirasi dan pedoaman untuk mencapai tujuan ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana partisipasi semesta dapat mewujudkan pendidikan bermutu untuk semua, dengan inspirasi dari Al-Qur’an dan akhlak.

Partisipasi semesta mampu untuk mewujudkan pendidikan bermutu, tentunya dengan melibatkan semua pihak, termasuk masyarakat, pemerintah, dan lembaga pendidikan. Di dalam Al-Qur’an surah Al- Maidah ayat 2 menekankan pentingnya untuk saling kerjasama “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.”
Pendidikan dapat membantu meningkatkan akhlak seseorang. Dengan pendidikan, seseorang dapat belajar tentang nilai-nilai moral dan etika, serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan juga dapat membantu seseorang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik dan bertanggung jawab.
Berikut contoh peran serta semesta lembaga pendidikan, masyarakat, pemerintah dalam meningkatkan pendidikan bermutu berdasarkan Al-Qur’an dan Akhlak:

Peran Lembaga Pendidikan:

  • Kurikulum yang berbasis Al-Qur’an dan Akhlak
  • Menciptakan lingkungan pendidikan yang positif
  • Mengembangkan potensi siswa dengan baik seperti disediakan nya wadah yang berbasis Al-Qur’an seperti Tahfidzhul Qur’an
  • Meningkatkan akhlak siswa dengan menyediakan program-program pendidikan yang berbasis Al-Qur’an dan Akhlak
  • Meningkatkan kualitas guru dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan profesional

Peran Masyarakat:

  • Memberikan bantuan dukungan dan sumberdaya kepada lembaga pendidikan
  • Berpartisipasi dalam proses pendidikan dengan ikut berkontribusi memberikan bantuan atau relawan dalam komite
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan peran mereka dalam mewujudkan pendidikan bermutu
  • Memberikan contoh yang baik kepada siswa dengan berpedoman kepada Al-Qur’an dan Akhlak

*Peran Pemerintah:

  • Memberikan kebijakan yang mendukung pendidikan bermutu
  • Memberikan sumber daya dan dana kepada lembaga pendidikan
  • Meningkatkan kualitas guru dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan profesional
  • Menciptakan lingkungan pendidikan yang positif dengan menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang memadai
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan peran mereka dalam mewujudkan pendidikan bermutu

Dengan demikian, peran serta semesta lembaga pendidikan, masyarakat, dan pemerintah dapat membantu meningkatkan pendidikan bermutu berdasarkan Al-Qur’an dan Akhlak.
Peran semesta pendidikan, masyarakat, dan pemerintah sangat penting dalam mewujudkan pendidikan bermutu. Al-Qur’an dan Akhlak merupakan sumber inspirasi yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Dengan peran semesta yang aktif dan partisipatif, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang positif, mendukung, dan berorientasi pada nilai-nilai moral yang luhur. Lembaga pendidikan dapat menyediakan kurikulum yang berbasis Al-Qur’an dan Akhlak, masyarakat dapat memberikan dukungan dan sumber daya, dan pemerintah dapat menyediakan kebijakan yang mendukung pendidikan bermutu.

Dengan demikian, kita semua dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas, mengembangkan potensi siswa, dan menciptakan generasi yang berakhlak mulia. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan dan inspirasi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada nilai-nilai moral yang luhur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *