Masa kanak-kanak adalah fondasi emas yang penting dalam pembentukan karakter dan religi seseorang, salah satu aspek utama dalam pendidikan agama Islam di Taman Kanak-Kanak adalah memeperkenalkan nilai-nilai positif salah satunya mengenalkan dan membiasakan ibadah sholat. Pada masa usia ini anak-anak mudah untuk meniru, cepat belajar, dan sangat ingin tahu. Oleh karena itu, mengenalkan sholat lebih dari sekadar mengenal gerakan fisik dan bacaan sholat namun juga bertujuan untuk membentuk disiplinan, kepatuhan, dan kecintaan anak-anak kepada Allah SWT.
Di PG-TK Al Muslim, pengenalan sholat tidak dilakukan dengan tuntutan yang memberatkan. sebaliknya, para guru yang kreatif dan penyayang menghadirkan sholat sebagai aktivitas yang menyenangkan. Anak-anak diajak untuk menirukan gerakan sholat sambil bernyanyi, bermain peran menjadi imam dan makmum, melalui games, melalui gambar, boneka, atau video pembelajaran tentang tatacara wudhu dan sholat, semua ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Pembiasaan salat dilakukan secara bertahap dengan cara yang menyenangkan, sehingga membuat anak-anak merasa senang saat beribadah, adapun kegiatan pembiasaan sholat yang dilakukan di sekolah yaitu shalat dzuhur dan ashar berjamaah setiap hari, sholat sunah dhuha berjamaah dilakukan pada hari Jum’at pukul 08:00, dan sholat jum’at di minggu ke-1 dan minggu ke-3 setiap bulannya yang bertugas adalah anak-anak TK B, dan TK A sebagai makmum tentunya dipandu oleh guru. Di waktu yang bersamaan anak laki-laki melakukan sholat jum’at, anak perempuan dengan kegiatan keputrian yaitu sholat dzuhur berjamaah dan ceramah/kultum.

Selain pembiasaan sholat, kegiatan ibadah atau religi lainnya yaitu menghafal do’a-do’a pendek, tahfidz surah-surah pendek, kalimat thoyyibah, dan mendengarkan kisah nabi yang mengajarkan tentang pentingnya ibadah. Kisah-kisah inspiratif tentang kebaikan dan keutamaan sholat juga menjadi bagian dari proses pembelajaran. Dengan pendekatan yang lembut dan penuh kasih sayang, anak-anak menjadi semangat belajar untuk beribadah.
Pembiasaan sholat di PG-TK Al Muslim secara tidak langsung melatih membangun kedisiplinan dan keteraturan pada anak-anak. Mereka mempelajari tentang waktu-waktu sholat, bagaimana mempersiapkan diri sebelum sholat (berwudhu), dan mengikuti gerakan sholat dengan tertib. Kebiasaan ini akan terus melekat hingga usia dewasa, membentuk karakter yang bertanggung jawab dan menghargai waktu. Anak-anak belajar untuk saling menghormati, dan bekerja sama berbagi tugas seperti siapa yang menjadi Imam, adzan, qomat, dan membaca do’a setelah adzan, serta anak-anak merasakan kehangatan saat beribadah bersama di sekolah.
Pembiasaan sholat di PG-TK Al Muslim tidak lepas dari peran besar sinergis antara guru dan orang tua. Yaitu di sekolah, guru menjadi teladan dan fasilitator dalam mengenalkan sholat, sedangkan di rumah orang tualah yang memiliki peran penting dalam melanjutkan dan memperkuat kebiasaan baik ini. Orang tua dapat mengajak anak untuk sholat berjamaah di rumah atau mengajak sholat di masjid, menceritakan kisah-kisah tentang keutamaan sholat, dan menciptakan suasana religius yang kondusif.
Pembiasaan sholat di PG-TK Al Muslim adalah investasi yang berharga untuk masa depan. Dengan menanamkan cinta kepada Allah dan pembiasaan beribadah sejak dini, kita bersama-sama sedang mempersiapkan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki landasan spiritual yang kuat. Generasi ini diharapkan tumbuh menjadi individu berakhlak mulia dan selau mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam setiap aspek kehidupannya.
