Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat dunia pendidikan untuk lebih beradaptasi dan menghadirkan pola pembelajaran yang relevan bagi kebutuhan generasi masa kini. Guru tak hanya lagi perperan sebagai sumber informasi, namun dapat menjadi fasilitator yang mengarahkan murid untuk belajar lebih mandiri, kreatif, dan kritis. Dalam semangat, GTK Hebat Indonesia kuat, guru bergerak maju, mengembangkan kapasitas diri dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana memperkuat kualitas mengajar.
Melalui program Samsung Digital Lighthouse School, sebuah inisiatif yang mendukung penguatan pembelajaran berbasis teknologi. Program ini menjadi pendorong bagi sekolah untuk memaksimalkan penggunaan perangkat Samsung tab dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya fitur- fitur bawaan yang lengkap, guru menciptakan proses belajar lebih interaktif, produktif dan sesuai kebutuhan perkembangan murid di era digital.
Samsung Digital Lighthouse School mendorong sekolah membangun ekosistem pembelajaran yang lebih modern. Guru memperoleh pendampingan untuk memahami cara kerja perangkat, memanfaatkan berbafai fitur bawaan serta mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan berteknologi secara seimbang.
Perangkat digital Samsung tab memperkuat peran guru sebagai fasilitator yang inovatif. Guru dapat menyusun materi pembelajaran secara lebih rapi, menyajikan contoh visual yang jelas dan memberikan pengalaman belajar yang lebih dekat dengan dunia murid.
Dalam penggunaan Samsung tab berbagai fitur bawaan dioptimalkan untuk penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Samsung Notes menjadi salah satu fitur yang paling banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Aplikasi ini mendukung guru dan murid dalam membuat catatan digital dengan lebih mudah dan terstruktur. Dengan menggunakan stylus pen, murid dapat menulis seperti di buku tulis, membuat rangkuman, menggambar, memberi warna pada materi yang diberikan oleh guru. Hasil tulisan tersimpan dalam satu folder menjadi portofolio digital yang lebih rapi.

Samsung notes juga berkembang menjadi papan tulis digital yang fleksibel. Guru dapat menjelaskan materi langsung dari tablet, menggambar diagram, menuliskan contoh soal ataupun memberikan umpan balik secara langsung. Ketika tablet dihubungkan dengan Smart TV di kelas, seluruh catatan tersebut dapat ditampilkan, membuat pembelajaran lebih jelas, visual dan mudah diikuti oleh seluruh murid.
Samsung notes juga berkembang menjadi papan tulis digital yang fleksibel. Guru dapat menjelaskan materi langsung dari tablet, menggambar diagram, menuliskan contoh soal ataupun memberikan umpan balik secara langsung. Ketika tablet dihubungkan dengan Smart TV di kelas, seluruh catatan tersebut dapat ditampilkan, membuat pembelajaran lebih jelas, visual dan mudah diikuti oleh seluruh murid.
Tak hanya itu fitur kamera dan video serta perekam layar memberikan nilai tambah dalam pembelajaran, pada kegiatan latihan berbicara, membuat video refleksi atau membuat dokumentasi kegiatan berbasis proyek. Rekaman layar pun bisa dimanfaatkan tak hanya murid dalam membuat video penjelasan atau rekaman latihan berbicara/speaking. Dapat juga guru membuat video pembelajaran menunjukkan penjelasan materi dalam catatan digital. Dengan demikian pemanfaatkan berbagai fitur ini sangat baik bagi murid maupun guru.
Pemanfaatan Samsung tab dalam pembelajaran membuka peluang besar bagi murid untuk mengembangkan bakat digital mereka. Pada aplikasi Samsung notes dan fitur kamera video serta perekam layar, murid dapat menghasilkan berbagai karya kreatif seperti poster digital, komik digital, ilustrasi, video refleksi, dokumentasi kegiatan. Kegiatan ini memberi ruang bagi setiap murid untuk berekspresi sesuai minatnya. Dengan begitu, penggunaan Samsung tab tak hanya sebagai alat belajar, namun sebagai sarana eksplorasi potensi dan kreativitas dalam bentuk digital.
Hasil karya terbaik murid maupun guru disimpan dalam google drive sebagai portofolio digital yang terdokumentasi dengan rapi. Beberapa karya dipublikasikan melalui situs web sekolah sebagai bentuk apresiasi, sekaligus motivasi bagi guru dan murid untuk mengembangkan diri. Selain itu, karya-karya pilihan juga ditampilkan dalam pameran digital sekolah, sebagai wadah yang lebih luas dan bermakna.

Dibalik seluruh proses ini, guru tetap menjadi penggerak utama. Teknologi berperan sebagai alat, dan gurulah sebagai penentu bagaimana teknologi digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengoptimalkan fitur pada Samsung tab, menciptakan pembelajaran yang bermakna serta membimbing murid memanfaatkan teknologi secara bijak dan produktif. Guru yang terampil mengelola kelas digital dan memberikan ruang eksplorasi kreatif bagi murid merupakan cerminan Guru hebat yang memperkuat kualitas pendidikan Indonesia.
