1. PERENCANAAN

Di zaman era digital ini Sering Kali kita di hadapkan dengan permasalahan bagaimana cara membuat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa tetap kondusif dalam proses belajar mengajar . apalagi kalo siswa dihadapkan dengan belajar Al qur’an , yang notabene nya  hanya membaca , menghapal dan Apalagi menterjemahkan Al Qur’an . tentunya itu suatu hal yang tidak mudah dan berat untuk menjalankannya. kenapa demikan karna belajar Al Qur’an butuh kemauan yang kuat secara istiqomah . klo hanya bermodal mau saja tidak cukup tanpa di barengi ke istiqomahan untuk bisa mencapai tujuan / target yang kita inginkan . lantas bagaimana kah “Metode” agar siswa / siswi kita tetap mau belajar Al qur’an secara efektif dan menyenangkan ?

Metode adalah cara Kerja yang sistematis dan teratur untuk mencapai tujuan tertentu , sedangkan dalam kontek Pendidikan metode dapat di artikan sebagai cara atau Langkah – Langkah yang di gunakan guru untuk menyampaikan materi secara terstruktur dan efektif.”

Dengan penjelasan di atas terkait apa itu Metode , hal tersebut sangatlah relevan di terapkan dalam belajar menerjemahkan Al Qur’an Agar siswa tetap semangat , efektif dan Menyenangkan dalam belajar .Berdasarkan Permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dan pengembangan pembelajaran menterjemahkan Al qur’an dengan Google docs dan Quiziz.

  • PELAKSANAAN

Tarjim Jilid 2 adalah Pembelajaran Terjemah Lafdziyah pada surat Al Baqoroh di mulai dari Ayat 26 – 66. Jilid 2 ini adalah lanjutan pembelajaran Tarjim 1 yang masih dalam mengartikan ayat Al qur’an secara perkata di surat Al baqoroh , setelah Menghatamkan Jilid 2 siswa dapat :

  • semakin ringan ketika memperdalam penguasaan kata perkata
  • Mampu menerjemahkan seluruh ayat yang telah di kaji tetap pada penekanan lafazh tetapi cukup dengan menunjuk kata yang sedang di terjemahkan
  • Mengalih bahasakan dari Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Al Qur’an

Tahapan – Tahapan pembelajaran Tarjim 2 menggunakan google docs :

  1. Iqra : pembiasaan membaca Al Qur’an dengan Tartil dipimpin siswa
  2. Lacak Makna : mencari arti perkata di kamus dan mengisinya ditable google docs yang sudah di siapkan setiap siswa perkata .
  3. Terjemahkan dan Tashih : ada kelompok atau berpasangan untuk mencari terjemah yang benar dan di diskusikan di google docs ,kelompok lain bisa mengomentari hasil terjemah kelompok lain
  4. Tamrin : suatu bentuk penguatan materi pada siswa yang sudah di ajarkan .
  5. Penilian : Mengukur kemampuan siswa dalam belajar tarjim 2 via Quiziz

Penilaian :

Penilaian Tarjim 2 menggunakan dua unsur penilaian , penilaian pertama unsur setoran secara individu yang di setorkan setiap ayatnya , dan yang penilaian kedua melalui Quiziz untuk mengevaluasi dari beberapa ayat yang sudah di setorkan .

  • Hasil

google docs :

Quiziz :

  • Tindak Lanjut

Hasil Pengamatan Pembelajaran “ Tarjim 2 menggunakan Quiziz dan Google Docs “ melalui pembelajaran ini siswa sangat terbantu untuk mengartikan setiap kata dalam Al qur’an tidak terpaku dengan kamus  dan bisa menjadi alat evaluasi pembelajaran siswa .

Harapan peneliti seiring dengan perkembangan zaman Tantangan guru Al Qur’an  adalah Harus memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif , bisa melalui google docs , quiziz dan banyak lagi yang lain untuk bisa di terapkan saat pembelajaran ,supaya pembelajaran tidak monoton dan lebih menarik .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *